Thursday, December 4, 2008

Apakah Certificate Training Menjamin Anda Bisa












Apakah anda salah seorang pemegang certificate2 training? berapa banyak yang ada telah kumpulkan? Dan dari mana aja anda mendapatkan certificate? Pertanyaan selanjutnya Apakah certificate itu menjamin anda bisa melakukan sesuatu yang seperti di ajarkan dalam training? Apakah di tempat anda bekerja tidak ada manual protap and protokol/ policy?
Sebuah training kesehatan terutama masalah emergercy seperti CPR ( cardio Pulmonary Resuscitation), BLS (basic Life suport), BTCLS (basic taruma life support), ACLS ( advanced cardiac life support) ataupun certificate2 lain sekarang banyak dan mudah didapatkan baik yang di adakan melalui instansi2 kegawat daruratan ataupun melalui online. Dan bagi anda petugas kesehatan sudah seharusnya mendapatkan courses semacam itu terutama yang setiap hari berhadapan dengan situasi gawat darurat/ emergency. Sebagian mungkin sudah ada dalam kurikulum pendidikan dan mungkin sebagian lagi memang perlu didapatkan dari instansi2 penyelenggara training. Sehingga anda akan mendapatkan certificate pengakuan bahwa anda telah mengikuti dan lulus training. Tetapi apakah dengan mempunyai certificate anda yakin mampu melakukan tindakan2 seperti yang di ajarkan dalam training. Mungkin Certificate mampu membuat rasa percaya diri anda meningkat tetapi belum seratus persen menjamin anda memahami dan mampu melakukan. Bisa2 anda kena tuntutan karena salah melakukan.
Jika anda bekerja di sebuah instansi kesehatan tentu anda akan menemukan standart procedure/ protokol tentang tindakan2 tertentu sehingga anda akan lebih terjamin dalam melakukannya. Protap dan protokol seharusnya di galakkan dan dikembangkan diinstansi tempat anda bekerja sehingga anda akan lebih memahami dan terjamin secara hukum. Di samping itu anda juga akan mampu melakukan procedure tanpa ada suatu keraguan. Sehingga pelatihan2 secara periodik dan berkelanjutan perlu di adakan untuk menjamin bahwa staff memahami semua protokol yang ada. Kalau ini di kembangkan dengan baik tentu akan lebih menjamin daripada harus mendapatkan sebuah certificate pengakuan dari tempat lain. Mungkin sebuah training/ certificate akan sangat diperlukan bagi mereka yang bekerja di agency2, perusahaan2, pertambangan ataupun masyarakat umum yang memang mereka belum pernah mendapatkan pendidikan dan pengalaman. Tetapi bagi mereka yang bekerja di sebuah Rumah Sakit apalagi di emergency dan ICU cukup membenahi dan melengkapi standart protapnya sehingga dapat diikuti oleh semua karyawan2nya.

0 Comments: