Friday, November 7, 2008

Pentingnya Ambulance 118

Ambulance merupakan sarana terpenting dalam perawatan pra hospital pada patient post trauma di lapangan. Selain dilengkapi peralatan yang menunjang seperti O2, Ventilator, EKG dan tentunya obat2an emergency, ambulance juga di dukung oleh staff yang sudah terlatih dalam menangani patient yang memerlukan tindakan yang cepat untuk mencegah kondisi kritis atau bahkan kematian. Sehingga di perlukan pemahaman baik dari rumah sakit ataupun masyarakat tentang peran ambulance itu sendiri dalam menurunkan angka kematian. Ambulance tidak hanya melayani panggilan/ oncall dari masyarakat ke rumah sakit tetapi juga antar rumah sakit yang biasanya antar ICU. Ini disebabkan karena keterbatasan Bed ICU sehingga sebagian rumah sakit lebih memilih untuk merujuk patient ke rumah sakit lain dengan menggunakan jasa ambulance. Dalam hal merujuk patient kondisi kritis tentunya staff ambulance harus benar2 memahami, mengkaji dan mengantisipasi kemungkinan2 buruk yang terjadi saat di pejalanan. Dalam hal ini kesetabilan kondisi patient sangat di perlukan terutama pada unintubated patient. Tidak jarang petugas ambulance di suruh melakukan intubation di rumah sakit sebelum patient di rujuk karena keterbatasan skill yang dimiliki oleh petugas kesehatan di rumah sakit tersebut. Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa rumah sakit lebih memilih jasa ambulance terutama 118 dalam merujuk patient.

5 Comments:

Anonymous said...

tulisan yang menarik.

mungkin bisa diposting disini bagaimana respon masyarakat terhadap layanan ambulance 118?
apa dampak kemacetan/kepadatan daerah (contohnya Jakarta) terhadap response time dari suatu panggilan emergensi?bagaimana 118 mengatasi hambatan2 yang ada?
apakah 118 melayani masyarakat yang tidak memiliki asuransi?bagaimana sistem pembayarannya?kan pasti berbeda dengan EMS/ambulance service di Amrik sana yang pasien2nya paling tidak sudah memiliki asuransi sendiri?

salam,
www.diskusiperawat.co.cc

Anonymous said...

ada yang ketinggalan nih,
tulisannya saya copy paste di weblog kami juga.

thanks,
www.diskusiperawat.co.cc

Nur Ali BN, RN said...

salam kenal juga buat temen2 di diskusiperawat.. tulisan kemarin hy ujicoba jadi kedepan akan di tulis kembali dan disesuaikan dengan kondisi demand. dan juga tentang isue2 praktis tentang keperawatn di dalm dan di luar negri terutama di australia sma akan di bahas secara menarik di web http//www.emergencyku.blogspot.com many thank to diskusiperawat

Anonymous said...

dear Nur Ali,
websitenya bagus nih, dan tulisan2nya juga menarik.
seandainya berminat kami di www.diskusiperawat.co.cc sedang membutuhkan perawat/paramedik yang bersedia menulis artikel2, pengalaman2, ataupun berbagi informasi lainnya (lowongan kerja, tips dan trik, dll).
Jika bersedia maka silahkan tinggalkan pesan di halaman Contact Us di weblog kami.
Diharapkan dengan saling berbagi informasi maka perawat2 indonesia dapat terus update dengan informasi2 terbaru keperawatan, meningkatkan 'pengetahuan' keperawatan kita, dan juga jejaring para perawat di dunia internet.

salam
www.diskusiperawat.co.cc

Anonymous said...

sebenarnya yang lebih penting itu bukan nama ambulance 118 nya, yang lebih penting itu sistemnya bagaimana untuk kegawatdaruratan.mau pake 118 or whatever iya it doesn't matter. tapi memang klau di banding2 dengan negara lain,,memang indonesia ketingalan jauh,dan saya berani bilang sangat jauh ketinggalannya,banyak kendala disana,dari trafic nya dari SDM nya, dari coorperation nya,amburadul pisan,,nah,,saya aja bingung mau di mulai dari mana klau kita sebagai tenaga kesehatan mau membuat sitem itu sendiri,kan tidak mungkin kita cuma bersaran2 ria or beramai2 bikin blog tanpa ada reality nya,saya bukan pesimis ya,,boleh lah,,di mulai dari forum k3 forum,seperti ni..iya mudah2 terrealisi,,ha,,ha,,ha,,ha,,(ngomong apa ndo,,ndo)
just it tha