Thursday, November 27, 2008

Mengamati Ambulance 000 australia








Pada saat itu aku sedang keluar dari station LAKEMBA Sydney Australia, badan terasa capek sehabis pulang kerja dinas pagi di rumah sakit St.Vincent sydney. Brakkkk... suara kencang terdengar dari sebuah kecelakaan yang terjadi di dekat station LAKEMBA, konstan saja jiwa emergencyku (www.emergencyku.tk/emergencyku.blogspot.com) terpanggil untuk mengetahui apa yang terjadi dan menolong korban jika diperlukan. Maklumlah dulu kan mantan petugas ambulance 118 Jakarta Indonesia jadi ya rasa kepingin taunya cepat apalagi menyangkut nyawa manusia. Tetapi cerita menjadi lain ketika selang beberapa menit suara sirine mobil ambulance terdengar yang diikuti beberapa mobil dibelakangnya police, pemadam dan dinas perhubungan setepat. Ya aku baru tau dan merasakan bahwa emergency system di Sydney sangat Bagus. Karena "Respond time" mereka sudah cukup bagus, cepat dan kompak, datang hampir bersamaan antara paramedic, police, pemadam dan dinas perhubungan. Sehingga masyarakat tidak diperbolehkan menolong korban apalagi kalau tidak tau cara menolongnya. Masyarakat cukup menghubungi ke nomor emergency ''000'' yang mudah di ingat. Kemungkinan mereka (ambulance, Police dan petugas lain) sudah menggunakan satu pesawat radio, jadi bisa datang bersamaan di tempat kejadian perkara. walaupun demikian mereka punya job masing2.

Pengamatan saya ketika waktu itu hanya menonton sambil sesekali memotret dan ambil videonya, mereka berkerja sangat cepat. sehingga ngak sampai membuat jalan macet. yang kalau di indonesia udah bisa bikin macet seharian kali ya. Ngak ada kecelakaan aja macetnya udah minta ampun apalagi kalo ada. Ya tapi tetap Indonesia tercinta.

Beberapa petugas yang hadir di tempat kejadian waktu itu :

  • Paramedic ; mereka datang di urutan pertama yang mulanya hanya satu mobil ambulance menjadi 4 mobil dengan hanya 2 orang korban. Mobil pertama mungkin datang dari post yang terdekat dari TKP karena datang hanya beberapa menit setelah kecelakaan terjadi. tetapi akhirnya mereka kerja team untuk menstabilkan korban sebelum akhirnya di rujuk ke hospital terdekat.
  • Police ; mereka datang berurutan di belakangnya ambulance yang lansung membuat dari yellow line sementara. Mereka sibuk mengatur arus lalu lintas dan sebagian menggambar denah kejadian perkara. Sebagian lagi terlihat menghubungi dan mungkin mengkoordinasi kejadian perkara melalui telepon genggam berantena panjang.
  • Pemadam Kebakaran ; saya tadinya ngak tau mengapa pemadam ikut dalam rombongan emergency system. Ternyata mereka mengantisipasi kemungkinan adanya kebakaran akibat ledakan mobil wlaupun sebenarnya mobilnya tidak meledak saat itu.
  • Dinas Perhubungan ; mereka datang juga hampir bersamaan dengan rombongan emergency system. mereka membawa alat derek mobil dan juga alat2 untuk membersihkan jalan dari pecahan2 kaca.

Begitulah kerja team yang sebenarnya saling memudahkan antar team walaupun kerjanya masing2 berbeda, ambulance di mudahkan access dalam menolong korban sehingga bisa di bawa ke rumah sakit dengan cepat, police dimudahkan juga dalam penyelidikan kejadian perkara tidak seperti di indonesia yang terkadang police juga menolong korban. Demikian juga dengan pemadam dan petugas lain yang access ke lokasinya mudah karena di amankan police. Walaupun tugas mereka berbeda tetapi mereka memperlihatkan berkerjasama yang bagus dalam penanganan sebuah kecelakaan. Jadi mungkin bisa di bayangkan bencana kecil aja kompak apalagi kalau ada bencana national seperti tsunami atau bencana2 yang lain.

0 Comments: